5 Bentuk Teknologi untuk Mendukung Penyediaan Konsep SOHO di Tanah Air

Apa Saja Keuntungan Menjalankan Ecommerce di Zaman Digital Seperti Sekarang?
15/05/2017
5/5 (2)

Smart city atau kota pintar kini mulai merambah Indonesia sehingga beberapa pengembang berusaha mengusung konsep tersebut. Negara maju memang bisa dikatakan sukses menerapkan konsep kota pintar dimana lingkungan sekitar mendukung terciptanya lapangan pekerjaan. Secara sederhana konsep kota pintar ini merupakan menciptakan masyarakat yang cerdas mengelola sumber daya yang ada. Artinya dengan segala keterbatasan yang dihadapi masyarakat mampu memanfaatkannya secara efisien, tentunya masyarakat akan semakin kuat dari segi perekonomian.

Masuknya Konsep Kota Pintar di Indonesia

Hubungan diplomatik antar negara membuahkan banyak manfaat salah satunya penerapan konsep kemasyarakatan yang sukses untuk ditularkan kepada negara sahabat. Indonesia pun mendapatkan banyak dukungan untuk menciptakan masyarakat kota pintar supaya perekonomiannya membaik dengan usaha sendiri. Berkembangnya teknologi di tanah air memungkinkan penerapan konsep tersebut sehingga masyarakat bisa menikmatinya dalam waktu dekat. Kabarnya beberapa developer sudah menyediakan hunian yang membangun kota pintar dalam skala kecil.

Teknologi yang Mendukung Konsep Kota Pintar

Dikatakan kota pintar bukan berarti bahwa masyarakatnya memang pintar untuk mengelola sumber daya yang ada. melainkan juga ditopang oleh beberapa teknologi terkini untuk kemudahan efisiensi sumber daya tersebut. Tercatat ada beberapa teknologi yang sifatnya wajib untuk ada, yakni:

  • Teknologi Augmented Reality,
    Augmented Reality atau AR merupakan teknologi penunjuk arah yang memungkinkan dihapuskan nya rambu lalu lintas. Tentunya dibutuhkan perangkat yang mendukung untuk diimplementasikan teknologi satu ini. Nantinya penghuni kota pintar bisa terhindar dari resiko tersesat meski minim rambu lalu lintas.
  • Kendaraan listrik,
    Kendaraan listrik saat ini memang cukup mudah ditemui meskipun minat masyarakat masih terbatas karena dirasa kurang praktis. Sebab perlu dicharge secara teratur selama beberapa jam dan riskan resiko baterai rusak. Namun ke depannya teknologi di dalam kendaraan listrik dipastikan akan terus membaik dan sempurna. Sehingga penghuni kota pintar akan menaiki kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan tidak butuh bahan bakar bumi.
  • Pembayaran dengan Near Field Communication,
    Sistem pembayaran online termasuk ke dalam NFC atau Near Field Communication yang memudahkan pembayaran tagihan apapun. Bedanya sistem pembayaran ini nantinya murni membuat pelaku bisnis dan konsumennya tidak perlu banyak berpindah tempat. Cukup dilakukan di rumah, dan bisa dilakukan lewat perangkat smartphone maupun komputer yang terhubung dengan internet atau berisi pulsa. Pembayaran praktis ini akan terus berkembang sampai semua orang memilihnya untuk membayar apapun.
  • Internet of Things,
    Teknologi ini memungkinkan optimalisasi peran internet dalam kehidupan, sehingga bisa menghubungkan orang satu dengan orang lainnya. Selain itu juga menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain, mulai dari komputer dalam satu jaringan. Kemudian contoh sederhananya adalah penggunaan remote control yang bisa diakses secara online lewat koneksi internet. Internet pun semakin kaya manfaat sebab bisa dipergunakan untuk beragam kebutuhan sehingga meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat.
  • iBeacon untuk transaksi belanja,
    transaksi belanja baiknya memanfaatkan teknologi iBeacon yang menyempurnakan kota dengan konsep smart city. Teknologi ini memungkinkan pengelola bisnis retail untuk membagikan informasi apapun kepada pelanggannya secara online. awalnya via email kemudian terus berkembang melalui aplikasi, pesan instan, dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja memudahkan konsumen menentukan kapan waktu terbaik untuk berbelanja. Konsep ini bisa dinikmati dengan menghuni kawasan Cyberhome dari Cyber Media Center. Temukan sensasi kota pintar di CMC yang bisa dikunjungi di Ruko Gading park View, Jakarta Utara.

Berikan Rating ?

LiveChat FAQ

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Send Message Cancel

    Share This

    Share this post with your friends!